KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH LUTUNG (Trachypithecus auratus) DI KAWASAN PUNCAK CEMARA BLOK PEMANFAATAN KPH RINJANI TIMUR

BAIQ, KOMALA SARI (2021) KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH LUTUNG (Trachypithecus auratus) DI KAWASAN PUNCAK CEMARA BLOK PEMANFAATAN KPH RINJANI TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fix prin skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

Lutung (Trachypithecus auratus) merupakan jenis primata dari famili Cercopithecidae. IUCN (2020) mengkategorikan Lutung (Trachypithecus auratus) ke dalam status Vulnerable (rentan) dan CITES memasukkan Lutung (Trachypithecus auratus) dalam kategori Apendix II (terbatas). Penelitian ini dilakukan di kawasan Puncak cemara Blok pemanfaatan KPH Rinjani timur. Penelitian ini menggunakan metode Line Transect yang digunakan untuk mengetahui keberadaan Lutung (Trachypithecus auratus) dan analisis vegetasi untuk mengetahui karakteristik habitat yang digunakan Lutung (Trachypithecus auratus). Hasil pengamatan menunjukkan Lutung (Trachypithecus auratus) di kawasan Puncak cemara Blok pemanfaatan KPH Rinjani timur menggunakan vegetasi untuk menunjang aktivitas dan kehidupannya. Pohon Tin (Ficus carica) merupakan pohon pakan dengan frekuensi penggunaan tertinggi, pohon Berore (Paulownia tamentosa steud) sebagai pohon tidur dan Jambu mawar (Syzygium jambos) sebagai pohon singgah dengan frekuensi penggunaan tertinggi. Diameter rata-rata pohon pakan, pohon singgah dan pohon tidur secara berturut-turut adalah 38,28 cm, 27 cm dan 74,67 cm. Untuk tinggi rata-rata pohon pakan, pohon singgah dan pohon tidur secara berturut-turut adalah 24,32 m, 27 m dan 36,25 m. Suhu rata-rata harian habitat Lutung (Trachypithecus auratus) berkisar antara 20,3°C-24,9°C, dengan rata-rata kelembaban harian antara 81,8%-94,2% dan intensitas cahaya berkisar antara 291 lux sampai dengan 1.547 lux.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lutung (Trachypithecus auratus), pohon pakan, pohon singgah, pohon tidur.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item