ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDDIN PERSPEKTIF TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ABDUL, KHOLIS (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDDIN PERSPEKTIF TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3.NASKAH SKRIPSI ABDUL KHOLIS (E1C017001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk nilai-nilai pendidikan karakter perspektif tindakan sosial Max Weber dalam novel Kasidah-kasidah Cinta (2) bagaimanakah relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter perspektif tindakan sosial Max Weber dalam novel Kasidah-kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berbentuk kata-kata, kalimat dan wacana. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Kasidah-kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin yang diterbitkan pada tahun 2007. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah berupa instrumen penelitian. Adapun metode analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni rseduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif sehingga penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. (1) Berdasarkan analisis nilai-nili pendidikan karakter perspektif tindakan sosial Max Weber dalam novel Kasidah-kasidah Cinta, yaitu analisis tindakan instrumental, tindakan rasional nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai religius, nilai kejujuran dan nilai kerja keras. (2) nilai-nilai pendidikan karakter perspektif tindakan sosial Max Weber dalam novel Kasidah-kasidah Cinta bersesuaian dengan pembelajaran sastra di SMA. Hal itu bersesuaian dengan RPP kurikulum 2013 tentang isi dan unsur kebahasan novel. Dalam pembelajaran sastra siswa dapat mengaplikasikan tindakan sosial dan nilai-nilai pendidikan karakter di kelas yang bersesuaian dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Tindakan Sosial Max Weber, Pembelajaran Sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26419

Actions (login required)

View Item View Item