PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERIGERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Abdul, Halim Rohman (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERIGERAK PARABOLA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Proses pembelajaran fisika pada berbagai jenjang pendidikan masih dihadapkan pada beberapa kesulitan khusunya penggunaan multimedia interaktif yang masih kurang sehingga tenaga pendidik diharuskan untuk melakukan inovasi untuk melakukan pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis problem based learning yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak parabola. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (four D) yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari multimedia inteaktif, silabus, RPP, LKPD, instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validasi ahli, uji coba terbatas dan respons peserta didik. Hasil penelitian menujukan bahwa multimedia interaktif memiliki skor rata- rata 3,12 dengan kategori sangat baik, silabus memiliki skor 78,08% dengan kategori sangat valid, RPP memiliki skor 73,66% dengan kategori cukup valid, LKPD memiliki skor 75,50% dengan kategori sangat valid dan instrumen tes memiliki skor 77,60% dengan kategori sangat valid. Multimedia interaktif berbasis problem based learning efektif digunakan dengan skor rata-rata 3,04 dengan kategori sanga baik dan efektif digunaan karena terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai N-gain sebesar 0,49 memiliki kategori sedang. Multimedia interaktif berbasis problem based learning pada materi gerak parabola valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26420

Actions (login required)

View Item View Item