PENGARUH CARBOXYL TERMINATED BUTADIENE ACRYLONITRYLE (CTBN)-PARTIKEL ARANG TERHADAP SIFAT TARIK KOMPOSIT PARTIKEL BERMATRIK EPOXY

LALU, ANGGA WIRARAJA (2021) PENGARUH CARBOXYL TERMINATED BUTADIENE ACRYLONITRYLE (CTBN)-PARTIKEL ARANG TERHADAP SIFAT TARIK KOMPOSIT PARTIKEL BERMATRIK EPOXY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI(F1C115017) LALU ANGGA WIRARAJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi mengakibatkan kebutuhan akan penelitian dan pengembangan dalam segala bidang semakin meningkat pesat, terutama dalam bidang material polimer. Salah Satunya ialah meneliti tentang pengaruh carboxyl terminated butadiene acrylonitryle (CTBN)-partikel arang sebagai pengisi dan epoxy sebagai pengikat/matrik terhadap sifat tarik komposit partikel yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraksi berat CTBN-partikel arang terhadap sifat tarik komposit partikel bermatrik epoxy. Metode yang dilakukan dengan mengkombinasikan CTBN-partikel arang sebagai filler dengan matrik epoxy. Fraksi berat CTBN 0%, 5%, 10%, 15% dan fraksi berat partikel arang 0%, 10%, 20% dengan metode pemakuman setelah pencampuran dan pengadukan filler dengan matrik agar void/udara pada campuran tersebut dapat diminimalisir. Spesimen dan prosedur pengujian kekuatan tarik mengacu pada standard ASTM D638. Dari hasil pengujian, kekuatan tarik komposit menurun seiring dengan bertambahnya fraksi berat CTBN dan fraksi berat partikel arang. Nilai kekuatan tarik tertinggi terjadi pada konfigurasi epoxy 100 % (E100C0A0) dan nilai terendah pada variasi fraksi berat epoxy 65% dengan CTBN 15% dan partikel arang 20% masing-masing memiliki nilai rata-rata kekuatan tarik sebesar 62,90 MPa dan 25,15 MPa. Hasil anava dua arah dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa pengaruh kandungan CTBN dan partikel arang terhadap kekuatan tarik adalah signifikan dan tidak ada interaksi antara kandungan CTBN dengan partikel arang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Komposit, Anava 2 arah, CTBN, partikel arang, epoxy, sifat-sifat tarik, morfologi patahan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:23
Last Modified: 13 Dec 2021 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26426

Actions (login required)

View Item View Item