PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

ANNA, ISWARA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANNA ISWARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan instrument tes hasil belajar kognitif. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi enam validator yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas produk. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Reliabilitas silabus, RPP, bahan ajar, LKPD dan instrument tes hasil belajar kognitif diatas 75% menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dari segi isi dan konstruksi dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Kooperatif tipe SFAE, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:23
Last Modified: 13 Dec 2021 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item