ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Sri, Ayu Merlinda Yani (2021) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI AYU MERLINDA YANI E1E017131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 32 Cakranegara dan alternatif solusi yang dapat digunakan agar tidak mengalami hambatan dalam membaca permulaan. Faktor internal meliputi intelegensi, minat, bakat, dan motivasi, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan tersedianya referensi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penghambat membaca permulaan siswa di kelas II ini adalah kurangnya minat, bakat, motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan faktor lingkungan keluarga dan sekolah.Yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua tidak adanya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca serta tidak adanya fasilitas dari sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Ada pun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah membagi siswa/memfokuskan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menyediakan buku khusus membaca permulaan, melakukan permainan/games, mengingatkan kepada orang tua untuk sering mengajarkan anak membaca dirumah sesibuk apapun mereka, dan melatih siswa dengan rutin setiap hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: analisis, faktor penghambat, membaca permulaan, SDN 32 Cakranegara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item