PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINGSAR PADA MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2020/2021

NURUL, PRATIWI (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINGSAR PADA MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL PRATIWI (E1R016070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal komparatif (ex post facto) dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket dan tes. populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 120 siswa dan sampel yang digunakan yaitu 24 siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji liearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada materi Lingkaran dengan pengaruh sebesar 77,70%, sedangkan sisanya 22,30% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lingkungan keluarga, fasilitas belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:59
Last Modified: 14 Dec 2021 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item