META-ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

SULISTIAWATI, SULISTIAWATI (2021) META-ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIAWATI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis peserta didik pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Model penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia. Dari penelusuran diperoleh 5 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan. Instrument berupa pemberian kode (coding) dengan mengacu pada kriteria yang sudah ditentukan yakni jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen, jenjang pendidikan sekolah dasar, ditulis oleh mahasiswa atau umum, dan terdapat data pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan effect size. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis di sekolah dasar dengan effect size 1,518739 atau dalam kategori sangat besar. Media gambar juga memberikan pengaruh yang efektif dilihat dari tingkatan kelas yakni pada kelas 2,4, dan 5. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan menulis peserta didik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Media Gambar, Kemampuan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:59
Last Modified: 14 Dec 2021 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item