UJI AKTIVITAS ANTI KOLONISASI BAKTERI ASAM LAKTAT DARI KEFIR SUSU KAMBING TERHADAP BAKTERI Escherichia coli PENGHASIL Extended Spectrum Beta Lactamase PADA USUS MENCIT BALB/c

QURRATA’YUNI, PRATIWI (2021) UJI AKTIVITAS ANTI KOLONISASI BAKTERI ASAM LAKTAT DARI KEFIR SUSU KAMBING TERHADAP BAKTERI Escherichia coli PENGHASIL Extended Spectrum Beta Lactamase PADA USUS MENCIT BALB/c. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Escherichia coli (E.coli) adalah salah satu jenis spesies bakteri Gram negatif yang merupakan flora normal pada saluran pencernaan. Namun, berpotensi dapat menjadi patogen apabila jumlahnya dalam saluran pencernaan meningkat. Terinfeksi E.coli dapat menimbulkan beragam penyakit radang usus, seperti IBD, Crohn dan kolitis ulserativa (Khan et al., 2018). Beberapa studi menemukan bahwa probiotik dapat berperan sebagai agen pencegahan dan terapeutik untuk mengeradikasi bakteri patogen melalui penghambatan adhesi dan kolonisasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui potensi BAL dalam menghambat kolonisasi E.coli penghasil ESBL secara in-vivo pada mencit BALB/c. Hasil penelitian uji kolonisasi secara in vivo menunjukkan bahwa BAL memiliki aktivitas penghambatan kolonisasi yang baik terhadap E.coli penghasil ESBL yang ditunjukkan melalui penurunan jumlah koloni E.coli penghasil ESBL pada mencit BALB/c yang di induksi pelet dan CFS BAL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Anti kolonisasi, Escherichia coli penghasil ESBL (ESBL-Ec), Bakteri asam laktat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:59
Last Modified: 14 Dec 2021 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item