PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 KAWO TAHUN AJARAN 2020/2021

SIR’AINI, SALIM TUWIJATI (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 KAWO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI SIR'AINI SALIM TUWIJATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran pop- up book terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Non-equivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 KAWO, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus One- SampleKolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji gain-score. Kemudian data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan uji-t Independent Samples Test untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai t-hitung sebesar 3.241 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.048 sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel, yang berarti bahwa Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan media pembelajaran pop-up book terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021, diterima dan H0 ditolak. Dan diperoleh t-hitung sebesar 2.209 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.048 sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel, yang berarti bahwa Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021, diterima dan H0 ditolak. Maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji gain-score maka di peroleh nilai motivasi belajar sebesar 0,403 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar sebesar 0,576 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Media Pembelajaran Pop-Up Book, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:58
Last Modified: 14 Dec 2021 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26450

Actions (login required)

View Item View Item