SIR’AINI, SALIM TUWIJATI (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 KAWO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BISMILLAH SKRIPSI SIR'AINI SALIM TUWIJATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran pop- up book terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Non-equivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 KAWO, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus One- SampleKolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji gain-score. Kemudian data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan uji-t Independent Samples Test untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai t-hitung sebesar 3.241 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.048 sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel, yang berarti bahwa Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan media pembelajaran pop-up book terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021, diterima dan H0 ditolak. Dan diperoleh t-hitung sebesar 2.209 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.048 sehingga diperoleh nilai t-hitung > t-tabel, yang berarti bahwa Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 3 KAWO tahun ajaran 2020/2021, diterima dan H0 ditolak. Maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji gain-score maka di peroleh nilai motivasi belajar sebesar 0,403 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar sebesar 0,576 termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata-Kata Kunci: Media Pembelajaran Pop-Up Book, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 01:58 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 01:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26450 |
Actions (login required)
View Item |