EKAWULAN, LESTARI (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN INPRES DORIDUNGGA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI EKAWULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Inpres Doridungga tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V SDN Inpres Doridungga yang berjumlah 35 siswa dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh yang dimana kelas V/A dijadikan kelas eksperimen dan kelas V/B dijadikan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu rubrik dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Data dianalisis menggunakan uji-t hipotesis penelitian didapatkan nilai t-hitung (11,496 dan 11,566) > t-tabel 0,334. Berdasarkan hipotesis penelitian jika nilai t- hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Inpres Doridungga tahun ajaran 2021/2022, kemudian dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi yang diperoleh nilai 62%, nilai tersebut termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : Startegi pembelajarn Group Investigation berbantuan media audio visual dan keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 01:56 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 01:56 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26453 |
Actions (login required)
View Item |