PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SDN 19 RABANGODU UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Juniarti, Fadila (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SDN 19 RABANGODU UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JUNIARTI FADILA (SKRIPSI FULL 2021)-dikonversi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 19 Rabangodu Utara tahun pelajaran 2020/2021. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 19 Rabangodu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kemampuan berpikir kritis peserta didik yang sebelumnya telah di uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Pengujian prasyarat analisis uji normalittas dan uji homogenitas. Teknik analisis data t-test dengan menggunakan polled varians. Hasil analisi data dengan t-test taraf signifikan 5% (0,05) menunjukkan nilai �ℎ�� ��� yaitu 3,314 dan ������ sebesar 2,0021 dimana hasil tersebut menunjukan bahwa � ℎ�� ��� = 3,314 > ������ = 2,0021. Disimpulkan pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 19 Rabangodu Utara tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan uji N- Gain diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 19 Rabangodu Utara yang menggunakan model discovery learning sebesar 0,399 dan berkategori sedang pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional didapat ratarata peningkatan gain ternormalisasi sebesar -0,028 dan berkategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:55
Last Modified: 14 Dec 2021 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26460

Actions (login required)

View Item View Item