PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

INDAH, NUR FITRIANA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_INDAH NUR FITRIANA_E1E017058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media interaktif berbasis macromedia flash sebagai bentuk penguatan keterampilan membaca siswa kelas II sekolah dasar serta untuk mengetahui keefektifan produk hasil pengembangan media interaktif berbasis macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan model Alessi & Trollip. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi dan tes. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 40 Cakranegara. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa skor dari validator media memperoleh persentase 71,2% dengan kategori layak, skor validator materi memperoleh persentase 94,4% dengan kategori sangat layak dan skor respon siswa memperoleh persentase 90,6% dengan uji efektifitas menggunakan N-Gain memperoleh skor nilai sebesar 0,72 yang artinya bahwa media interaktif efektif untuk digunakan sebagai bentuk penguatan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: media interaktif, macromedia flash, keterampilan membaca siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:02
Last Modified: 14 Dec 2021 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26462

Actions (login required)

View Item View Item