ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS III A SDN 4 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Studi Kasus pada Siswa yang Nilai Matematika di Bawah KKM

MIFTAHUL, JANNAH (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS III A SDN 4 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Studi Kasus pada Siswa yang Nilai Matematika di Bawah KKM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Miftahul jannah. (E1E216111)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu memecahkan masalah yang sering dijumpai dikehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 (sepuluh) siswa kelas III A yang nilai pelajaran matematikanya berada di bawah standar KKM (Kriteria Kompetensi Minimal) yaitu 75. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes terhadap siswa, dan wawancara dengan guru kelas III A. Data dianalisis dengan interaktif analisis model menurut Milles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III A SD Negeri 4 Taliwang mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika. Hal tersebut dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada 10 siswa yang nilai matematikanya di bawah KKM (Kriteria Kompetensi Minimal). Terdapat 7 dari 10 siswa yang mengalami kesulitan setelah diberikan tes pemecahan masalah matematika. Siswa mengalami kesulitan yang berbeda-beda pada setiap soal dan indikator. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap menyusun strategi, menyelesaikan masalah, dan memeriksa jawaban dapat dikerjakan, namun pada tahap memahami masalah siswa lebih banyak mengalami kesulitan dikarenakan siswa tidak memahami kata kunci dan memahami arti keseluruhan dari soal. Jadi pada setiap butir soal siswa tidak dapat menuliskan apa yang diketahui sehingga siswa tidak dapat menyusun informasi dengan lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis kesulitan, Siswa SD, Pemecahan masalah matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:02
Last Modified: 14 Dec 2021 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26467

Actions (login required)

View Item View Item