ANALISIS PERALIHAN HAK ATAS TANAH ADAT MENJADI HAK MILIK PERORANGAN (Studi Desa Rarak Ronges Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat)

TRI, PURWANTO (2021) ANALISIS PERALIHAN HAK ATAS TANAH ADAT MENJADI HAK MILIK PERORANGAN (Studi Desa Rarak Ronges Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI PURWANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang asal usul tanah menjadi tanah adat dan dasar para pihak melakukan peralihan hak atas tanah adat menjadi hak milik perorangan. Penelitian ini menggunakanjenis penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Asal usul tanah menjadi tanah adat Di Desa Rarak Ronges sebelum terjadinya pemekaran desa yaitu tanah yang berasal dari tanah hutan atau tanah yang diatasnya terdapat pohon-pohon besar dan kemudian masyarakat terdahulu membuka tanah secara bersama dan dijadikan sebagai tempat melakukan kegiatan bersama masyarakat, namun dengan seiring dengan perkembangan zaman tanah dilantarkan sehingga terpenuhi kembali dengan pohon-pohon yang tumbuh diatasnya. dasar para pihak melakukan peralihan hak atas tanah adat menjadi hak milik perorangan yaitu tanah yang sudah dikuasai secara terus-menerus selama lebih dari 20 tahun semenjak tanah adat tidak lagi dikelolah oleh masyarakat secara bersama dan kemudian mengelolah kembali tanah secara peorangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peralihan, Tanah Adat, Hak Milik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:01
Last Modified: 14 Dec 2021 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item