PENGARUH KONSENTRASI Lactobacillus acidophillus TERHADAP MUTU KIMIA DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT SARI BUAH MURBEI (Morus nigra L.)

NURGITHA, KHARISMA (2021) PENGARUH KONSENTRASI Lactobacillus acidophillus TERHADAP MUTU KIMIA DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT SARI BUAH MURBEI (Morus nigra L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI NURGITHA KHARISMA (J1A017074).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Lactobacillus acidophilus terhadap mutu Yoghurt sari buah murbei (Morus nigra L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu perbedaan dengan penambahan Lactobacillus acidophilus (0%; 1%;2%; 3%;4% dan 5%) dan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Adapun parameter yang diamati meliputi mutu mikrobiologi (Total Bakteri Asam Laktat (BAL), dan Viabilitas BAL), Mutu Kimia (Total Asam Laktat, dan Antioksidan) dan mutu organoleptik warna, rasa, tekstur dan aroma (metode hedonik dan skoring). Data hasil pengamatan dianalisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan Co-stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) dan Metode Orthogonal Polinomial. Yoghurt sari buah murbei dengan konsentrasi starter campuran Lactobacillus bulgaricus, Strephtococcus thermophillus dan Lactobacillus acidophilus 3% merupakan perlakuan terbaik berdasarkan total BAL 8,93x108 , viabilitas BAL 9,62%, total asam laktat 1,61%, aktivitas antioksidan 61,62%, warna ungu kemerahan, rasa agak berasa asam, aroma agak beraroma asam, dan tekstur encer yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Murbei, Lactobacillus acidophilus, konsentrasi, yoghurt
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:25
Last Modified: 15 Dec 2021 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item