KAJIAN MUTU MIKROBIOLOGI, KIMIA DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT SUSU KEDELAI (Glycine max) DENGAN PENAMBAHAN MADU BUNGA KELENGKENG (Nephelium longana L)

Yoga, Firmansah (2021) KAJIAN MUTU MIKROBIOLOGI, KIMIA DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT SUSU KEDELAI (Glycine max) DENGAN PENAMBAHAN MADU BUNGA KELENGKENG (Nephelium longana L). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yoga Firmansah (J1A017122)-dikonversi(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ASoyghurt adalah produk fermentasi susu kedelai dengan menggunakan bakteri Streptococcus thermophillus, dan Lactobacillus bulgaricus. Seperti bahan bakunya yaitu susu kedelai, soyghurt memiliki beberapa kelebihan, antara lain bebas laktosa, bebas kolesterol, mengandung lemak yang rendah, dan memiliki protein yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yaitu konsentrasi Madu Bunga Kelengkeng. Parameter yang diamati yaitu sifat kimia (kadar pH dan total asam) sifat mikrobiologi (total BAL), dan sifat organoleptik (rasa, warna, tekstur, dan aroma). Data hasil pengamatan dianalisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut Beda Nyata Jujur (parameter kimia, mikrobiologis dan organoleptik). Yoghurt Susu Kedelai dengan Konsentrasi 25% Merupakan hasil terbaik berdasarkan tinggi total BAL sebesar 9,93 log CFU/mL, Total Asam Laktat 3,27%, Derajat Keasaman (pH) sebesar 3,54 dan Organoleptik baik Skoring maupun Hedonik memiliki hasil yang disukai panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kedelai, Lactobacillus bulgaricus, Madu Kelengkeng, Streptococcus thermophilus, Soyghurt
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:27
Last Modified: 15 Dec 2021 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item