PUTRI, YULIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMKN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
2. YULIANA PUTRI (ARTIKEL).pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMKN 6 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda sebanyak 25 item untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa. Berdasarrkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,256 > ttabel = 1,683, dengan dk = n1 + n2 – 2= 39 pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol pada mata pelajaran PKn. Kemudian hasil dari analisis menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain siswa kelas eksperimen sebesar 0,604 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,492 dengan kategori sedang. Meskipun kategori kedua kelas tersebut adalah sedang namun nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI pada mata pelajaran PKn di SMKN 6 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Berpikir Analisis |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 02:35 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 02:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2655 |
Actions (login required)
View Item |