PENERAPAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 16 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ASTRI BAKAS, NI NYOMAN BUJA (2017) PENERAPAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 16 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penyebab dari kondisi tersebut adalah faktor guru, siswa dan sarana. Dampaknya siswa kurang mampu mengungkapkan kembali isi bacaan menggunakan kalimat sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 16 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan metode DRTA?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 16 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan penerapan metode DRTA. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan metode DRTA terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap prabaca, membaca dan pascabaca. Hasil penelitian siklus I menunjukan perolehan skor aktivitas guru 18 kategori baik dan aktivitas siswa 19,1 kategori kurang aktif dengan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 68,8, dan presentase ketuntasan klasikalnya 52%. Siklus II menunjukan perolehan skor aktivitas guru 22 kategori baik dan aktivitas siswa 21,7 kategori aktif, dengan rata-rata hasil kemampuan membaca pemahaman siswa 77,7, dan presentase ketuntasan klasikalnya mencapai 87,5%. Berdasarkan data tersebut di simpulkan bahwa melalui penerapan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 16 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode DRTA, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:35
Last Modified: 18 Apr 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item