RASIONALISASI JARINGAN POS HIDROLOGI DI KABUPATEN DOMPU The Rationalization of Hydrological Station Network in Dompu District

ANDRA, DWI SATRIA (2021) RASIONALISASI JARINGAN POS HIDROLOGI DI KABUPATEN DOMPU The Rationalization of Hydrological Station Network in Dompu District. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Andra Dwi Satria FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rasionaliasi merupakan suatu evaluasi untuk mendapatkan suatu jaringan pos hidrologi (pos hujan, pos iklim dan pos AWLR) yang efektif, efisien dan dapat mewakilkan suatu suatu daerah sehingga dapat meminimalkan biaya dalam pengoperasian dan perawatan. Kabupaten Dompu memiliki luas sebesar 2324,55 km2 dengan memiliki 8 pos hujan, 2 pos iklim dan 2 pos AWLR yang masing- masing penyebarannya masih belum merata. Dalam analisis pos hujan ini digunakan data curah hujan bulanan selama 10 tahun dari tahun 2009 sampai dengan 2018. Metode yang digunakan untuk analisis rasionalisasi penelitian ini yaitu metode Kagan. Sedangkan untuk pos duga air/pos AWLR metode yang digunakan mengacu pada kerapatan WMO (World Meteorologycal Organization) dan prosedur survei penempatan dan pembangunan pos hidrologi. Dari hasil analisis Kagan didapatkan jumlah optimum pos hujan yang dibutuhkan untuk Kabupaten Dompu sebanyak 18 pos untuk kesalahan perataan Z1 sebesar 10% dengan jarak antar pos hujan 12,16 km dan kesalahan interpolasi Z3 sebesar 27,44%. Sedangkan jumlah eksisiting pos hujan yaitu sebanyak 8 buah. Sehingga jumlah eksisiting pos hujan Kabupaten Dompu perlu dilakukan penambahan sebanyak 10 buah pos hujan dengan kerapatan antar pos hujan sebesar 129,14 km2 . Untuk hasil analisis pos AWLR di Kabupaten Dompu masih kurang dari yang disarankan. Berdasarkan kerapatan WMO jumlah pos AWLR minimal adalah 8 buah pos, sedangkan jumlah pos yang ada saat ini berjumlah 2 buah pos, sehingga perlu penambahan pos sebanyak 6 buah pos agar memenuhi persyaratan jumlah minimal pos AWLR yang ada di Kabupaten Dompu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Rasionalisasi, WMO, Pos Hujan, Pos AWLR, Metode Kagan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:34
Last Modified: 17 Dec 2021 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26561

Actions (login required)

View Item View Item