KORELASI SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS I KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SEPTIYANI, CHAERUNNISA (2018) KORELASI SELF CONFIDENCE (KEPERCAYAAN DIRI) DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS I KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar dan self confidence peserta didik kelas V SDN Gugus I Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Peserta didik kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, sering berkata tidak bisa sebelum mencoba berpendapat, merasa malu jika menjawab pertanyaan guru dan kurang yakin dengan kemampuan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi Self Confidence dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Gugus 1 Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 216 peserta didik. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh sebanyak 140 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik menggunakan korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,562 rtabel sebesar 0,1396. Sehingga dapat dikatakan signifikan, yang artinya ada korelasi Self Confidence dengan Prestasi Belajar peserta didik kelas V SDN Gugus I Kecamatan Sekarbela Kota Mataram tahun 2017/2018. Kontribusi (sumbangan) Self Connfidence terhadap Prestasi Belajar sebesar 31,58%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): elf Confidence, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:35
Last Modified: 18 Apr 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2658

Actions (login required)

View Item View Item