PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SDN 1 SEMAYA KECAMATAN SIKUR TAHUN AJARAN 2020/2021

RANITA, HAERONI (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 SDN 1 SEMAYA KECAMATAN SIKUR TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RANITA HAERONI (E1E017106).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana guru menerapkan pembelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar di kelas 2 SDN 1Semaya Kecamatan Sikur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 SDN 1 Semaya Kecamatan Sikur.Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas 2 SDN 1 Semaya Kecamatan Sikur.Teknik Pengumpulan dataadalah dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktifMiles dan Huberman yaitu melalui data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification/conclusion (verifikasi/penarikan kesimpulan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dalam perencanaan pembeajaran tematik di SDN 1 Semaya belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hal ini karena responden belum menyusun jaring tema akan tetapi responden sudah menetapkan mata pelajaran yang akan dipadukan, mempelajari kompetensi dasar dan indikator dari muatan mata pelajaran yang akan dipadukan., Memilih dan menetapkan tema/topik pemersatu, menyusun silabus pembelajaran tematik, dan menyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN 1 Semaya belum terlaksana sebagaimana mestinya karena pada kegiatan awal pembelajaran responden belum melaksanakan kegiatan apersepsi, pemberian motivasi, dan penyampaian skenario (langkah-langkah). Pada kegiatan inti pembelajaran masih terpisah-pisah dan belum mengarah pada tema yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan pada saat proses pembelajaran kurang bervariasi. Selain itu juga belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran.Materi pembelajaran masih berdiri sendiri dan tidak mengarah kepada tema.Pembelajaran juga belum sepenuhnya dipusatkan kepada peserta didik. Pada kegiatan penutup responden belum melakukan refeleksi, menyimpulkan,umpan balik, dan tindak lanjut. Jenis penilaian yang digunakan responden adalah tes dan non tes. Penilaian tes berupa soal isian dan penilaian nontes berupa penilaian pengamatan sikap dan portofolio.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:33
Last Modified: 17 Dec 2021 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26582

Actions (login required)

View Item View Item