PENGARUH FLY ASH DAN BOTTOM ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN MATERIAL TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK

GALUH, AJENG PRAMESTHI (2021) PENGARUH FLY ASH DAN BOTTOM ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN MATERIAL TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GALUH AJENG P (F1A017051).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Paving block merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air, dan agregat halus dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya. Jumlah penggunaan paving block saat ini semakin meningkat yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan material semen dan pasir. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan kualitas pada paving block dan juga untuk penghematan penggunakaan bahan baku semen dan pasir tanpa mengurangi kualitas dari paving block tersebut. Maka dilakukan suatu penelitian tentang pengaruh fly ash dan bottom ash sebagai pengganti sebagian material terhadap sifat fisik dan mekanik paving block. Penelitian ini menggunakan variasi penggantian sebagian semen dengan fly ash sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% dari berat total semen dan pengganti sebagian pasir dengan bottom ash sebesar 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% dengan benda uji 12 buah untuk masing-masing persentase penggantian. Proporsi campuran yang digunakakn yaitu 1PC : 6PS dengan ukuran benda uji 20cm x 10cm x 8 cm dengan umur benda uji 28 hari. Pengujian dilakukan terhadap sifat mekanik yang meliputi kuat tekan, tarik belah, dan impact, sedangkan pengujian sifat fisik berupa pengujian daya serap air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kuat tekan optimum dihasilkan oleh variasi 11,972% fly ash sebesar 11,967 MPa lebih besar 9,58% dari paving block normal dan variasi 9,882% bottom ash sebesar 11,424 MPa lebih besar 4,61% dari paving block normal. Nilai pengujian impact optimum dihasilkan oleh variasi 15,15% fly ash sebesar 192,236 Joule lebih besar 88,89% dari paving block normal dan variasi 1,006% bottom ash sebesar 114,439 Joule lebih besar 12,45% dari paving block normal. Dan nilai tarik belah optimum dihasilkan oleh variasi 14,71% fly ash sebesar 1,89 MPa lebih besar 9,56% dari paving block normal dan 11,63% bottom ash sebesar 1,814 MPa lebih besar 5,15% dari paving block normal. Sedangkan nilai daya serap air optimum dihasilkan oleh variasi 24,55% fly ash sebesar 1,29% dan 32,743% bottom ash sebesar 1,405%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Paving block, fly ash, bottom ash, kuat tekan, tarik belah, impact, daya serap air
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:33
Last Modified: 17 Dec 2021 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item