PENGARUH VARIASI KOMBINASI METODE HEATING, GRINDING, DAN ACID SOLVENT PADA KUALITAS AGREGAT KASAR DAUR ULANG DARI LIMBAH BETON

Sarah, Tri Karuniawati Kusuma (2021) PENGARUH VARIASI KOMBINASI METODE HEATING, GRINDING, DAN ACID SOLVENT PADA KUALITAS AGREGAT KASAR DAUR ULANG DARI LIMBAH BETON. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Sarah Tri Karuniawati Kusuma (F1A017141).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Agregat kasar merupakan salah satu material yang digunakan dalam pembuatan beton. Agregat kasar daur ulang merupakan agregat yang dihasilkan dari limbah beton. Permasalahan dalam penggunaan agregat kasar daur ulang adalah adanya mortar yang masih tersisa pada agregat kasar sehingga mempengaruhi sifat fisik dari agregat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan kualitas agregat kasar daur ulang yang lebih baik, digunakan metode HGA dalam produksi agregat kasar daur ulang guna meminimalisir kandungan mortar yang tersisa pada agregat kasar daur ulang. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan limbah beton yang telah dipecah kecil terlebih dahulu. Sebelum produksi agregat daur ulang, dilakukan penentuan desain eksperimen dengan metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan kombinasi dari 3 faktor dimana setiap faktor terdiri dari 3 level yaitu heating dengan suhu 200°C, 150°C, dan 100°C; grinding sebanyak 700, 600, dan 500 putaran; dan acid solvent yang merupakan proses perendaman dalam larutan asam selama 52, 48, dan 24 jam. Dalam metode Taguchi, digunakan matriks ortogonal untuk menentukan kombinasi HGA yang akan diteliti. Dimana matriks ortogonal yang dipilih harus memiliki derajat kebebasan lebih besar dari derajat kebebasan total penelitian, sehingga digunakan matriks ortogonal L9(34 ). Setelah itu, dilakukan produksi agregat daur ulang menggunakan metode HGA. Dari matriks tersebut didapatkan jumlah kombinasi level faktor sebanyak 9, sehingga agregat kasar daur ulang dibuat berdasarkan 9 kombinasi HGA pada matriks ortogonal. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah berat jenis, penyerapan, modulus halus butir, gradasi, dan kandungan mortar. Hasil pengujian menunjukkan kualitas agregat kasar daur ulang tidak jauh berbeda dengan agregat normal. Dari hasil pengujian tersebut kemudian dilakukan analisa terhadap nilai rata-rata dan analisa terhadap nilai S/N Ratio, hasilnya diperoleh kombinasi HGA yang optimum yaitu produksi agregat kasar daur ulang dengan suhu sebesar 200°C, kemudian digrinding sebanyak 700 putaran, dan direndam dalam larutan asam selama 52 jam. Kombinasi ini menghasilkan berat jenis bulk, SSD, semu berturut-turut sebesar 2.471, 2.520, 2,601, penyerapan air sebesar 2.015%, sisa kandungan mortar sebesar 4.748%, MHB sebesar 6.65.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Agregat kasar daur ulang, heating, grinding, acid solvent, desain eksperimen, metode Taguchi, ANOVA.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:33
Last Modified: 17 Dec 2021 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item