IDENTIFIKASI SENYAWA DAN KARAKTERISASI SIFAT FISIKO-KIMIA MINYAK ATSIRI POHON TEH (Melaleuca alternifolia L.) HASIL PENYULINGAN DENGAN VARIASI VOLUME AIR DAN LUAS PERMUKAAN DAUN SEGAR

SEPTIA, ISMI (2021) IDENTIFIKASI SENYAWA DAN KARAKTERISASI SIFAT FISIKO-KIMIA MINYAK ATSIRI POHON TEH (Melaleuca alternifolia L.) HASIL PENYULINGAN DENGAN VARIASI VOLUME AIR DAN LUAS PERMUKAAN DAUN SEGAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SEPTIA ISMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tea tree (Melaleuca alternifolia L.) dapat menghasilkan minyak atsiri yang dikenal dengan nama tea tree oil (TTO) atau minyak pohon teh. Banyaknya khasiat dari minyak pohon teh mengakibatkan kebutuhan akan minyak pohon teh terus meningkat, namun minyak atsiri pohon teh di pulau Lombok belum pernah dikaji kualitas dan manfaatnya . Oleh karena itu, pada penelitian ini mengkaji kualitas minyak atsiri pohon teh yang diperoleh dari penyulingan menggunakan daun segar dengan memvariasikan volume air (1000 mL dan 1700 mL) dan luas permukaan daun (utuh, cacah, halus) untuk memaksimalkan hasil penyulingan. Tujuan penelitian ini yaitu identifikasi senyawa dan karakterisasi sifat fisiko-kimia minyak atsiri pohon teh. Penelitian ini menggunakan metode penyulingan uap untuk memproduksi minyak atsiri. Diperoleh rendemen tertinggi 1,235% , kemudian karakteristik sifat fisiko-kimia minyak atsiri yaitu warna dan aroma yang sesuai dengan standar ISO 4730, dan nilai tertinggi diperoleh pada bobot jenis, kelarutan dalam etanol 85 %, indeks bias dan viskositas masing-masing yaitu 0,898, 1:4 mL, 1,478, dan 2,918 N.s/m2 . Hasil analisis GC-MS pada minyak atsiri pohon teh menunjukkan adanya senyawa mayor dari golongan terpenoid yang terdiri dari metil isovalerat, γ-terpinen, α-fencen dan pseudolimonen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Fisiko-kimia, GC-MS, Minyak atsiri, Pohon teh
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:33
Last Modified: 17 Dec 2021 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item