PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

SRIANANINGSIH, SRIANANINGSIH (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMPN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsweet.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (275MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMPN 1 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I adalah 9,67dengan kategori kurang aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I, skor aktivitas belajar siswa adalah 12 dengan kategori aktif. Pada pertemuan pertama siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 13 dengan kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus II, skor aktivitas siswa adalah 14,33 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan II berturut-turut adalah 77, 28 dan 86,73 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 71,42 % dan 86,95 %. Dengan melihat hasil evaluasi dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Oeh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat pada materi lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMPN 1 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, dan model discovery learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:34
Last Modified: 18 Apr 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item