ANALISIS SIFAT KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN KOMPOSIT BERBAHAN LIMBAH ALUMINIUM DAN LIMBAH KACA MENGGUNAKAN METODE METALURGI SERBUK

Kaloka, Galih Kayu Wangi (2021) ANALISIS SIFAT KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN KOMPOSIT BERBAHAN LIMBAH ALUMINIUM DAN LIMBAH KACA MENGGUNAKAN METODE METALURGI SERBUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir_Kaloka Galih Kayu Wangi_F1C017047_Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Limbah merupakan permasalahan yang masih hangat diperbincangkan hingga saat ini. Hampir semua kalangan mulai dari masyarakat umum hingga pabrik industri menghasilkan limbah setiap harinya. Salah satu limbah yang sering kita jumpai adalah limbah aluminium yang biasanya dihasilkan dari botol minuman kaleng dan sisa-sisa pemotongan pembuatan etalase. Limbah aluminium memang dapat dilebur kembali, namun hasil peleburannya akan menghasilkan limbah yang lebih berbahaya lagi yaitu limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3). Selain limbah aluminium, terdapat limbah yang juga banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari yaitu limbah kaca. Limbah kaca dapat berasal dari botol minuman bekas, sisa kaca pembuatan furnitur, peralatan dapur yang pecah, dan sisa kaca bangunan. Limbah kaca memakan waktu yang sangat lama agar dapat terurai, dibutuhkan waktu hingga 1 juta tahun agar dapat terurai sepenuhnya dan jika tidak dimanfaatkan akan mencemari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi limbah aluminium dan limbah kaca dengan meneliti pengaruh variasi suhu sintering dan komposisi bahan terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan kompositnya. Penelitian dilakukan dengan memproduksi komposit untuk diuji sifat mekaniknya. Pembuatan komposit dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pembuatan serbuk hingga mencapai mesh 100, tahap berikutnya adalah pencampuran serbuk (mixing) dengan perbandingan komposisi aluminium dengan kaca 90 :10, 80 : 20, dan 70 : 30 (persen berat). Selanjutnya adalah tahap pencetakan spesimen dengan beban penekanan sebesar masing-masing 7 ton untuk semua pengujian. Tahap terakhir yaitu sintering spesimen dengan suhu 390o C, 490 o C, dan 590 o C yang ditahan selama 60 menit. Setelah spesimen berhasil diproduksi, kemudian dilakukan pengujian kekerasan dan kekuatan pada spesimen. Selain itu juga dilakukan pengamatan struktur makro untuk mengamati peristiwa yang terjadi pada spesimen. Hasil yang didapatkan adalah nilai kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan dengan suhu sintering 590o C dan komposisi bahan 90 : 10 yaitu sebesar 60 HRF. Sementara nilai kekuatan tekan tertinggi didapatkan pada spesimen dengan perlakukan yang sama yaitu sebesar 235,59 MPa. Pada pengamatan struktur makro menunjukkan terdapat porositas yang lebih besar pada spesimen dengan sifat mekanik yang lebih rendah. Hasil pengujian sifat mekanik secara keseluruhan menunjukkan bahwa variasi suhu sintering memberikan pengaruh yang berbanding lurus terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan. Sementara pada variasi komposisi bahan memberikan pengaruh berbanding terbalik pada kedua pengujian sifat mekanik jika ditinjau dari persen penambahan serbuk kaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Aluminium, Kaca, Komposit, Limbah, Metalurgi serbuk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2021 08:03
Last Modified: 17 Dec 2021 08:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item