ANALISIS NORMATIF TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JIKA TERJADI WANPRESTASI DALAM PELAYANAN AIR BERSIH BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DI INDONESIA

MUTIA, DWI PUTRI (2021) ANALISIS NORMATIF TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JIKA TERJADI WANPRESTASI DALAM PELAYANAN AIR BERSIH BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan mengenai perjanjian pelayanan air bersih antara konsumen dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berdasarkan perspektif hukum Indonesia dan untuk mengetahui upaya hukum jika terjadi wanprestasi oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam perjanjian pelayanan air bersih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif. Pengaturan mengenai perjanjian pelayanan air bersih antara konsumen dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berdasarkan perspektif hukum Indonesia, yaitu perjanjian pelayanan air bersih tersebut dilaksanakan dalam bentuk tertulis yang dituangkan dalam bentuk formulir, mengenai hak dan kewajiban para pihak diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan upaya hukum jika terjadi wanprestasi oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam perjanjian pelayanan air bersih, yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas konsumen tidak hanya sebatas uang atau barang bahkan perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan akibat mengkonsumsi air minum yang tercemar. Di samping itu UUPK mengatur tentang adanya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), sehingga konsumen dapat melakukan gugatan tidak hanya melalui pengadilan (litigasi) tetapi juga dapat dilakukan gugatan di luar pengadilan (non litigasi).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tanggung Jawab, Konsumen, Wanprestasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:47
Last Modified: 22 Dec 2021 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item