ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

FEBRIANTI, FEBRIANTI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling dan subjek penelitian yang terpilih pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII-4 SMPN 4 Mataram yang terdiri dari 2 siswa reflektif dan 2 siswa impulsif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes gaya kognitif (MFFT) dan soal tes pemecahan masalah. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat 13 siswa yang tergolong dalam gaya kognitif reflektif dan 11 siswa tergolong dalam gaya kognitif impulsif. Siswa dengan gaya kognitif reflektif memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik sekali. Hal ini ditunjukan pada tahap memahami masalah, memikirkan rencana dan melaksanakan rencana sudah melakukan dengan sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil analisis jawaban kedua siswa dengan gaya kognitif impulsif memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori cukup dan kurang. Hal ini ditunjukkan pada tahap memikirkan rencana, melaksanakan rencana dan pada saat memeriksa kembali hasil pekerjaan siswa belum bisa mengerjakan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:47
Last Modified: 22 Dec 2021 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26684

Actions (login required)

View Item View Item