ANALISIS FAKTOR RISIKO INFEKSI PADA PASIEN DENGAN AKSES HEMODIALISIS DOUBLE LUMEN CATHETER DI RSUD PROVINSI NTB

Putri, Nurhayati (2021) ANALISIS FAKTOR RISIKO INFEKSI PADA PASIEN DENGAN AKSES HEMODIALISIS DOUBLE LUMEN CATHETER DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI-Putri Nurhayati H1A018078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Hemodialisis merupakan salah satu terapi pengganti ginjal pada pasien yang memiliki laju filtrasi glomerulus rendah. Beberapa akses vaskuler yang dapat dipakai, yaitu akses temporer dan permanen. Salah satu jenis akses temporer adalah double lumen catheter, komplikasi tersering dari penggunaannya adalah infeksi. Infeksi double lumen catheter bersifat multifaktorial dapat berasal dari pasien maupun dari kateter. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara berbagai faktor risiko terhadap kejadian infeksi double lumen catheter dan persebaran jenis bakteri pada kasus infeksi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional dengan subjek penelitian pasien hemodialisis berusia ≥ 18 tahun yang datang untuk melakukan pelepasan double lumen catheter di RSUD Provinsi NTB bulan September – November 2021. Data primer diambil dari hasil kultur ujung kateter dan data sekunder yang berisi faktor risiko diambil dari data rekam medis. Data kemudian dianalisis menggunakan SPSS v.25 dengan uji koefisien kontingensi. Hasil : Pada studi ini terdapat 11 sampel terdiri 63,6% laki-laki dan 36,4% perempuan dengan rata-rata umur 43,36. Infeksi terjadi pada 9 dari 11 pasien, hasil kultur didapatkan kelompok gram positif sebanyak 88,89% dan gram negatif 11,11%. Jenis bakteri yang paling banyak ditemukan adalah Staphylococcus aureus 33,33%. Terdapat hasil signifikan antara faktor risiko durasi pemakaian dengan kejadian infeksi (p = 0,026 r = 0,557). Simpulan : Pada penelitian ini ditemukan prevalensi tinggi bakteri gram positif dengan Staphylococcus aureus sebagai penyebab umum infeksi. Penambahan durasi pemakaian double lumen catheter dapat meningkatkan risiko infeksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : double lumen catheter, faktor risiko, gram negatif, gram positif, hemodialisis, infeksi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:43
Last Modified: 23 Dec 2021 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26691

Actions (login required)

View Item View Item