META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI SEKOLA DASAR

Riska, Aprilia S (2021) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI SEKOLA DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi riska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran koopertif Think Pair Share terhadap hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta-analisis yaitu dengan menganalisis artikel dari hasil-hasil penelitian yang telah dipubliskasikan, dengan sampel sebanyak 13 artikel nasional yang diakses secara online melalui Google Scholar yang telah diterbitkan pada tahun 2015-2021. Kemudian melalui tahap pemberian kode (coding) dengan berpacu pada kriteria yang ditentukan sebanyak 8 artikel. Hasil dari penelitian meta-analisis ini menunjukkan jika model pembelajaran koopertif Think Pair Share sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa di sekolah dasar jika dilihat melalui effect size dari segi jejang pendidikan pada sekolah dasar dan mendapatkan effect size rata-rata sebesar 1.186777 sehingga dapat ditarik kesimpulan jika model pembelajaran kooperatif Think Pair Share efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Think Pair Share, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:43
Last Modified: 23 Dec 2021 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26702

Actions (login required)

View Item View Item