HUBUNGAN OBESITAS PADA KEHAMILAN DENGAN BERAT BAYI DAN USIA KEHAMILAN SAAT PERSALINAN DI PUSKESMAS CAKRANEGARA PADA TAHUN 2019-2021

DEWA, BAGUS KETUT WIDYA PRAMANA (2021) HUBUNGAN OBESITAS PADA KEHAMILAN DENGAN BERAT BAYI DAN USIA KEHAMILAN SAAT PERSALINAN DI PUSKESMAS CAKRANEGARA PADA TAHUN 2019-2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah_I Dewa Bagus Ketut Widya Pramana (H1A018040)-editted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)

Abstract

Latar belakang : Obesitas merupakan gangguan metabolisme lemak akibat penumpukan lemak berlebih pada jaringan adiposa. Penumpukan lemak berlebih pada jaringan adiposa mengakibatkan peningkatan sekresi sitokin inflamasi yang berdampak terhadap kesehatan ibu dan bayinya. Peningkatan sitokin inflamasi dapat mengganggu aksis hipotalamus pituitari, kontraktilitas miometrium dan pematangan serviks yang berhubungan dengan usia kehamilan saat persalinan. Selain itu, peningkatan sitokin inflamasi juga menyebabkan peningkatan sistem transpor asam amino plasenta dan penurunan faktor pertumbuhan plasenta yang berhubungan dengan berat lahir bayi. Metode : Penelitian ini merupakan studi cross-sectional dengan mengambil data menggunakan kohort ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi di Puskesmas Cakranegara pada tahun 2019 hingga 2021. Metode pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil : Pada penelitian ini, didapatkan 243 data ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi. Didapatkan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara IMT ibu hamil pada trimester satu dengan usia kehamilan saat persalinan (p=0.032). Didapatkan juga hubungan yang signifikan secara statistik antara obesitas pada kehamilan dengan kejadian prematur (p=0.029) dan kejadian postmatur (p=0.047). Peneliti tidak mendapatkan hubungan secara statistik antara IMT ibu hamil yang diukur pada trimester pertama dengan berat bayi. (p=0.066). Simpulan : Pada penelitian ini didapatkan hubungan antara obesitas pada kehamilan dengan usia kehamilan saat persalinan dan tidak didapatkan hubungan obesitas pada kehamilan dengan berat bayi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Obesitas, Indeks Massa Tubuh, Usia Kehamilan, Berat Bayi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:43
Last Modified: 23 Dec 2021 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item