PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUJANA, I KETUT (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Labuapi belum terlaksana secara optimal sedangkan guru telah menggunakan metode diskusi kelompok. Hal ini tidak cukup, terlihat dari ketika dilakukannya diskusi kelompok hanya didominasi oleh siswa yang pintar dan informasi benar hanya dari siswa tersebut, serta ada siswa yang tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mengacu dari permasalahan tersebut model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray sangat tepat untuk diterapkan. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi trigonometri dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Labuapi pada materi trigonometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray tahun pelajaran 2016/2017. Manfaat penelitian ini adalah untuk dijadikan referensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran, perbaikan pembelajaran dan peningkatan mutu proses pembelajaran, serta sebagai tambahan referensi bagi peneliti selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian diperoleh skor aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 berturut-turut 8,00 berkategori kurang aktif dan 12, 67 berkategori aktif dan siklus II pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan 3 berturut-turut 14,00 berkategori aktif, 15,67 berkategori aktif, dan 17,33 berkategori sangat aktif. Hasi evaluasi diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut 57,14% dan 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Labuapi dapat meningkat dengan baik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi trigonometri tahun pelajaran 2016/2017 secara optimal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Aktivitas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:33
Last Modified: 18 Apr 2018 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item