PERBEDAAN GAMBARAN HISTOLOGIS OTAK YANG TERENDAM AIR LAUT DAN AIR TAWAR PADA KASUS TENGGELAM : PERMODELAN DENGAN TIKUS WISTAR

Muhammad, Rafialdi Fatwaddin (2021) PERBEDAAN GAMBARAN HISTOLOGIS OTAK YANG TERENDAM AIR LAUT DAN AIR TAWAR PADA KASUS TENGGELAM : PERMODELAN DENGAN TIKUS WISTAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH Muhammad Rafialdi Fatwaddin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Tenggelam merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Diseluruh dunia kematian akibat tenggelam terjadi menempati urutan ketiga diantara penyebab kematian karna kecelakaan merenggut sekitar lebih dari 370.000 nyawa setiap tahunnya. Tenggelam sendiri menurut WHO adalah proses mengalami gangguan pernapasan akibat perendaman (submersion) / pencelupan dalam cairan (Immersion). Kasus tenggelam bisa dibagi menjadi dua yaitu non-fatal drowning dan fatal drowning. Bila korban segera ditolong sehingga proses tenggelam terhenti, maka kejadian tersebut disebut sebagai non-fatal drowning. Pada kasus non-fatal drowning biasanya merusak pada banyak organ, tetapi sebagian besar menimbulkan kecacatan dari cedera otak. Pada kasus bila korban berakhir dengan meninggal akibat proses tenggelam, maka kejadian tersebut disebut sebagai fatal drowning. Metode : Penelitian experimental laboratorium dengan rancangan penelitian “The Randomized posttest-Only ControL Group Design”. Sampel penelitian adalah tikus wistar jantan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, kemudian dibagi secara acak dengan simple random sampling. Tikus dibagi menjadi 3 kelompok, masing- masing kelompok 6 ekor tikus wistar. Kelompok 1 diberikan perlakuan tenggelam menggunakan air laut, kelompok 2 diberikan perlakuan tenggelam menggunakan air tawar, dan kelompok 3 tidak diberikan perlakuan sebagai kelompok control. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji beda Kruskal-wallis. Hasil : Pada uji beda Kruskal-wallis didapatkan ( p=0,001) karena p<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok control, kelompok tenggelam air laut dan kelompok tenggelam air tawar. Simpulan : Penenggelaman pada media air laut dan air tawar menyebabkan terjadinya perbedaan gambaran histopatologi otak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tenggelam, media air laut dan air tawar, gambaran histopatologi otak, tikus wistar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:05
Last Modified: 27 Dec 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item