Analisis Kesiapan terhadap Pendidikan Interprofesional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Andi, Agung Riatmojo (2021) Analisis Kesiapan terhadap Pendidikan Interprofesional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi Andi Agung Riatmojo (H1A018008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Kolaborasi interprofesional terjadi ketika dua atau lebih profesi kesehatan yang berbeda berbagi dan bekerja untuk mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Edukasi interprofesional atau interprofessional education (IPE) diperlukan dalam mencapai kolaborasi interprofesional. Meneliti kesiapan IPE penting karena kesiapan mahasiswa menjalani IPE memengaruhi implementasi IPE. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram terhadap pendidikan interprofesional dan faktor-faktor yang berhubungan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang dilaksanakan bulan Februari hingga Oktober 2021. Total 458 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (respons rate 88,07%) melengkapi kuesioner RIPLS untuk mengukur kesiapan mahasiswa terhadap IPE. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney, Kruskall Wallis, dan Spearman. Hasil: Perbedaan program studi responden tidak memengaruhi skor total RIPLS dengan median 72 pada pendidikan dokter dan 73 pada farmasi. Penelitian ini menemukan adanya hubungan signifikan antara subskala kolaborasi dan kerjasama tim dengan program studi responden penelitian (p=0,006). Laki-laki dan mahasiswa dengan IPK yang lebih tinggi menunjukkan tingkat tanggung jawab dan peran yang lebih tinggi (berturut-turut p < 0,001 dan p = 0,014). Kesimpulan: Tidak ditemukan perbedaan kesiapan terhadap IPE antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Farmasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Edukasi interprofesional, kolaborasi, persepsi dan kesiapan, mahasiswa kedokteran, mahasiswa farmasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:05
Last Modified: 27 Dec 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item