HUBUNGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN ANGKA KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PAGESANGAN KOTA MATARAM PERIODE JULI-DESEMBER 2019 DAN JULI- DESEMBER 2020 DILIHAT DARI FAKTOR USIA, PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN

Baiq, Annisa Pratiwi (2021) HUBUNGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN ANGKA KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PAGESANGAN KOTA MATARAM PERIODE JULI-DESEMBER 2019 DAN JULI- DESEMBER 2020 DILIHAT DARI FAKTOR USIA, PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI-Baiq Annisa Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Kunjungan antenatal care (ANC) K4 di NTB pada tahun 2013 lebih rendah dari target Renstra yaitu sebesar 67,7%. Hal ini menunjukkan belum tercapainya target kunjungan ANC di Indonesia dan rendahnya cakupan ANC di provinsi NTB. Terdapat berbagai gangguan kehamilan yang biasa terjadi pada ibu hamil, seperti anemia. Berdasarkan hasil Riskesdas pada tahun 2018 ibu hamil yang mengalami anemia yaitu sebesar 48,9%. Untuk melakukan skrining anemia pada ibu hamil yaitu dilakukan pada saat ibu hamil melakukan pelayanan antenatal (ANC), sehingga dengan melakukan skrining diharapkan dapat mencegah dan menurunkan angka kejadian anemia pada ibu hamil dan kunjungan antenatal care (ANC) diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan ibu hamil. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan pendekatan kohort retrospektif mengenai kunjungan antenatal ibu hamil minimal sesuai usia kehamilan dan kejadian anemia pada ibu hamil sebelum dan setelah adanya pandemi COVID-19. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil : Didapatkan sebanyak 19 orang ibu hamil mengalami anemia pada tahun 2019, dan 19 orang ibu hamil mengalami anemia pada tahun 2020. Selain itu didapatkan hasil ibu hamil yang tidak memenuhi kunjungan ANC minimal sesuai usia kehamilan pada tahun 2019 yaitu sebanyak (28,94%) dan meningkat menjadi (42,10%) pada tahun 2020. Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara jumlah kunjungan ANC dengan determinan kesehatan maupun kejadian anemia pada ibu hami. Simpulan : Berdasarkan penelitian ini jumlah kujungan ANC minimal sesuai usia kehamilan tidak berhubungan dengan angka kejadian anemia pada ibu hamil baik dilihat dari faktor usia, tingkat pendidikan, maupun status pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : ANC, Anemia pada ibu hamil,usia, tingkat pendidikan, pekerjaan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:05
Last Modified: 27 Dec 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item