PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MPASI ANTARA IBU DENGAN BADUTA GIZI KURANG DAN NON GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Rahmi, Hijriani Hardiati (2021) PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MPASI ANTARA IBU DENGAN BADUTA GIZI KURANG DAN NON GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rahmi Hijriani Hardiati (H1A018082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Terdapat beberapa faktor langsung dan tidak langsung yang berkontribusi terhadap gizi kurang, dimana salah satunya adalah asupan gizi. Asupan gizi yang kurang dapat disebabkan karena pemberian MPASI yang tidak tepat, hal ini sering dikarenakan ibu masih belum mempunyai pengetahuan tentang cara pemberian MPASI yang dapat memenuhi kebutuhan baduta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan tentang MPASI antara ibu dengan baduta gizi kurang dan non gizi kurang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi pelayanan masyarakat sehingga dapat dilakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu terkait MPASI. Metode: Penelitian ini menggunakan studi observasional analitik dengan metode cross sectional sedangkan untuk pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling dan quota sampling dengan besar sampel sebanyak 56 responden. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner serta pengukuran berat badan dan panjang badan. Data hasil penelitian kemudian diolah menggunakan uji Mann Whitney. Hasil: Pengetahuan rata-rata ibu yang memiliki baduta gizi kurang lebih rendah daripada rata- rata pengetahuan ibu yang memiliki baduta non gizi kurang. Hasil uji mann whitney menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan secara umum tentang MPASI (p=0,001), pengetahuan MPASI berdasarkan ketepatan waktu pemberian (p=0,046), nutrisi adekuat yang terkandung (p=0,011) dan kebersihan (p=0,009) antara ibu dengan baduta gizi kurang dan non gizi kurang namun tidak ditemukan adanya perbedaan pengetahuan tentang MPASI berdasarkan ketepatan cara pemberian (p=0,112) antara ibu dengan baduta gizi kurang dan non gizi kurang Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan secara umum tentang MPASI, pengetahuan MPASI berdasarkan ketepatan waktu pemberian, nutrisi adekuat yang terkandung dan kebersihan antara ibu dengan baduta gizi kurang dan non gizi kurang sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang MPASI.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Gizi Kurang, MPASI, Pengetahuan Ibu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26754

Actions (login required)

View Item View Item