PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PERJANJIAN JUAL BELI ONLINE MELALUI SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) PERSPEKTIF PERATURAN PEMERINTAH (PP) NO. 80 TAHUN 2019

SUMIATI, SUMIATI (2021) PERLINDUNGAN HUKUM DALAM PERJANJIAN JUAL BELI ONLINE MELALUI SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) PERSPEKTIF PERATURAN PEMERINTAH (PP) NO. 80 TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUMIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Cash On Delivery (COD) adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, setelah pesanan dari kurir diterima oleh pembeli. Dalam jual beli online melalui COD penjual mengiklankan gambar barang yang di jual melalui media soaial atau aplikasi tertentu seperti shopee, tokopedia dan lazada dan lain sebagainya. Namun terjadi beberapa kasus yang menimbulkan kerugian yang dirasakan oleh pihak konsumen dalam sebuah transaksi jual beli melalui sistem COD, seperti: barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan dan pelaku usaha tidak jujur dalam memberikan informasi tentang barang tersebut, sehingga adanya wanprestasi yang dilakukan oleh pihak pelaku usaha. Adapun permasalahan penelitian ini mengenai keabsahan perjanjian jual beli online melalui sistem pembayaran COD antara pembeli dan penjual dan perlindungan hukum bagi konsumen dan pelaku usaha dalam jual beli online melalui sistem pembayaran COD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keabsahan dan perlindungan hukum bagi konsumen dan pelaku usaha dalam perjanjian jual beli online melalui sistem pembayaran COD, dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Penelitian menunjukan bahwa hingga saat ini pengaturan hukum tentang jual beli online melalui sistem COD, belum ada yang mengatur dan masih berada di beberapa peraturan sektoral lain yang berkaitan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: jual beli, keabsahan, perlindungan hukum, Cash On Delivery (COD)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26758

Actions (login required)

View Item View Item