PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN SEKARBELA TAHUN 2021

NURRAHMATIA, NURRAHMATIA (2021) PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN SEKARBELA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURRAHMATIA SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan strategi yang diterapkan guru dalam mengembangkan disiplin anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Subyek penelitian ini adalah 17 guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket, tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Setiap guru memiliki strategi dalam mengembangkan disiplin pada anak usia dini dari strategi tersebut dapat dipetakan menjadi 3 strategi pembelajaran (Bermain, bernyanyi, dan bercerita). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela Tahun 2021 adalah, pada strategi pembelajaran melalui bermain diperoleh hasil 95,59%, pada strategi pembelajaran melalui bernyanyi diperoleh hasil 34,19%, kemudian pada strategi pembelajaran melalui bercerita diperoleh hasil 34,33%. Sehingga dari kesimpulan di atas bahwa pemetaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan disiplin anak usia 5-6 tahun lebih banyak ditemukan pada strategi pembelajaran melalui bermain dengan hasil analisis data dengan perolehan nilai presentase tertinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi, pembelajaran disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26760

Actions (login required)

View Item View Item