MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA DI KB QOLBU LEBAI SANDAR TAHUN 2021

Nurul, Aini (2021) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA DI KB QOLBU LEBAI SANDAR TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AINI E1F017057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan permainan tradisional ular naga di KB Qolbu Lebai Sandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 8 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif kualitatif. Langkah-langkah permainan yaitu : (1) anak yang berperan sebagai ular naga berbaris dengan rapi sampai ke belakang, anak yang berperan sebagai induk berdiri di depan (2) kemudian ular naga mengitari induk sambil menyanyikan lagu ular naga (3) setelah lagu selesai dinyanyikan maka tertangkaplah ular naga ke dalam gerbang (4) lalu setelah itu barulah induk bernegosiasi dengan induk yang lain perihal ular naga yang tertangkap, (5) setelah itu anak memilih induknya dan berdiri di belakang induk, dan kemudian lagu kembali dinyanyikan sampai ular naga tersebut habis (6) setelah habis maka induk yang mempunyai anak paling sedikit akan menangkap ekor induk (anak) yang paling banyak sampai ekor tertangkap, apabila ekor tertangkap maka permainan selesai dimainkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengembangan I mencapai 29.50%, sedangkan pada pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan presentasi sebanyak 37.8%. Serta meningkat secara optimal pada tahap pengembangan III dengan presentasi 56.87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan permainan tradisional ular naga yang dikembangkan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di Kb Qolbu Lebai Sandar Tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Permainan ular naga, kemampuan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26761

Actions (login required)

View Item View Item