PELAKSANAAN DAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM BUDAYA RIMPU PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO DI DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

DEWI, SARTIKA (2021) PELAKSANAAN DAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM BUDAYA RIMPU PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO DI DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Dewi Sartika 2020 BARU REVISI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan budaya Rimpu dan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Rimpu pada masyarakat Suku Mbojo di Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. (1) Bagaimana pelaksanaan budaya Rimpu pada masyarakat Suku Mbojo di Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima?, (2) Apasaja nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Rimpu pada masyarakat Suku Mbojo di Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Sebelum menggunakan rimpu ada Proses pelaksanaan terlebih dahulu yang harus dilakukan yaitu menyiapkan dua sarung, kemudian melilitkan 2 (dua) kain sarung keseluruh tubuh dimana satu sarung untuk bagian kepala menjulur hingga ke perut, menutupi lengan dan telapak tangan dan satunya lagi dililitkan dari perut hingga ke ujung kaki. (2) Adapun nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaan budaya “Rimpu”yakni sebagai berikut: Nilai religius, Nilai estetika, Nilai Kesopanan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pelaksanaan, Nilai-nilai, Budaya rimpu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26765

Actions (login required)

View Item View Item