PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SEPTIANI, INDAH TRI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurang maksimalnya proses belajar mengajar di kelas, karena model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga siswa yang hanya menjadi pendengar lama kelamaan menjadi jenuh, tidak fokus dan pada akhirnya hasil belajar mereka menurun. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitiannya adalah penelitian komparasi dan quasi eksperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling, dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 (diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD) dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 (diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT). Teknik pengumpulan dan instrumen pengumpulan data (1) tes, (2) dokumentasi, (3) observasi. Teknik analisis dengan metode statistik mengunakan uji-t. Dari deskripsi data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas STAD = 81,869 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas TGT = 85,083. Selain itu, ketuntasan klasikal pada kelas STAD sebesar 82,61 %, sedangkan untuk kelas TGT sebesar 91,67 %. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t – test), besarnya signifikansi kedua kelas tersebut < 0,05 yakni (0,029 < 0,05), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar materi faktorisasi suku aljabar antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Team Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, STAD, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:35
Last Modified: 18 Apr 2018 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item