HUBUNGAN ANTARA PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN KECACINGAN PADA ANAK- ANAK YANG BERTEMPAT TINGGAL DI SEKITAR RUMAH POTONG HEWAN GUBUG MAMBEN KOTA MATARAM

Gunawan, Gunawan (2021) HUBUNGAN ANTARA PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN KECACINGAN PADA ANAK- ANAK YANG BERTEMPAT TINGGAL DI SEKITAR RUMAH POTONG HEWAN GUBUG MAMBEN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah- Gunawan (H1A018036)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Kecacingan merupakan salah satu infeksi parasit yang sering terjadi di seluruh dunia, khususnya infeksi kecacingan yang ditularkan melalui tanah. Anak merupakan golongan rentan terhadap kecacingan, hal ini disebabkan oleh kebiasaan anak yang tidak memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya. Kebiasaan buruk anak-anak seperti tidak mencuci tangan, kebersihan kuku, dan tidak menggunakan alas kaki akan mempermudah masuknya telur cacing ke dalam usus. Selain itu sanitasi lingkungan yang buruk akan mempermudah anak terkena kecacingan. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan antara personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan kejadian kecacingan pada anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar rumah potong hewan Gubug Mamben Kota Mataram. Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 51 murid MI di Sekarbela Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan pada 16 Juni-29 Agustus 2021 dengan kuisioner dan pengambilan sampel feses. Analisis data dilakukan dengan uji Chi Square Fisher exact. Hasil: Dari 51 sampel yang diperiksa, 5 sampel positif kecacingan yang terdiri dari jenis Hymenolepis nana 3 (5,9%) anak, Fasciola gigantica 1 (1,95%) anak, Taenia sp 1 (1,95%) anak. Analisis menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kejadian kecacingan dengan kebiasaan mencuci tangan (p=0,580), kebersihan kuku (p=0,369), menggunakan alas kaki (p=1,000), kondisi sanitasi air bersih (p=0,292), jamban (p=0,061), SPAL (p=1,000), dan pengelolaan sampah (p=0,645). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan kejadian kecacingan pada anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar rumah potong hewan gubug mamben kota mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kecacingan, Personal hygiene, Sanitasi lingkungan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:58
Last Modified: 29 Dec 2021 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item View Item