Ratniah, Saputri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN MATERI IPS SISWA KELAS IV SDN KIDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
RATNIAH SAPUTRI (SKRIPSI).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan bentuk/tipe Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah tipe Non Equivalent Control Group Desain. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol (pembanding). Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC). Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dan hanya menggunakan model pembelajaran kovensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPPS 16 nilai thitung ≥ ttabel, yaitu 2.653 lebih besar dari 2.039 pada taraf signifikan 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang sudah ditetapkan, yaitu thitung ≥ ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar pada muatan materi IPS siswa kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Model Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 06:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26782 |
Actions (login required)
View Item |