PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN MATERI IPS SISWA KELAS IV SDN KIDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ratniah, Saputri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN MATERI IPS SISWA KELAS IV SDN KIDANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RATNIAH SAPUTRI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan bentuk/tipe Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah tipe Non Equivalent Control Group Desain. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol (pembanding). Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC). Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dan hanya menggunakan model pembelajaran kovensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPPS 16 nilai thitung ≥ ttabel, yaitu 2.653 lebih besar dari 2.039 pada taraf signifikan 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang sudah ditetapkan, yaitu thitung ≥ ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar pada muatan materi IPS siswa kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:58
Last Modified: 29 Dec 2021 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item