PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN POLI THT DI RSUD KOTA MATARAM

Lalu Muhammad, Hafizh I. A. (2021) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN POLI THT DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Lengkap__LALU_MUHAMMAD_HAFIZH_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Kesehatan mendukung keberhasilan dalam pembangunan nasional. Pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu upaya pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, sehingga nantinya diharapkan dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Dalam upaya mendukung pembangunan di bidang kesehatan, dibutuhkan tenaga kesehatan serta sarana dan prasarana kesehatan yang sangat penting untuk menunjang kesehatan masyarakat, salah satunya adalah rumah sakit . Rumah Sakit memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan percepatan derajat kesehatan masyarakat sebagai tujuan pembangunan kesehatan sehingga rumah sakit memiliki peran sabagai salah satu unit pelayanan kesehatan yang harus melayani semua masyarakat. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan sistem adalah dengan menilai tingkat kepuasaan pasien peserta JKN. Berdasarkan masalah yang uraikan tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian Untuk mengetahui bagaimana perbandingan tingkat kepuasan pasien BPJS dengan non-BPJS terhadap pelayanan poli THT di RSUD Kota Mataram. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional. Pendekatan cross sectional digunakan, karena data yang diperlukan dapat diukur dan dikumpulkan secara simultan, sesaat, atau satu kali saja dalam kurun waktu yang bersamaan. Sampel penelitian adalah pasien BPJS dan non BPJS Rumah Sakit Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan pada bulan oktober – november menggunakan kuisoner. Analisis data dilakukan dengan uji Chi Square Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien pada poli THT di RSUD Kota Mataram antara pasien yang menggunakan fasilitas layanan BPJS dengan non-BPJS. Antara pasien yang menggunakan fasilitas BPJS dengan Non BPJS, sebagian besar (95,7%) menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan di poli THT RSUD Kota Mataram. Temuan penelitian ini, memberikan informasi yang penting terkait adanya dugaan bahwa pelayanan yang diterima oleh pasien BPJS berbeda dengan pelayanan yang diterima oleh pasien Non BPJS. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dengan Non BPJS terhadap pelayanan di Poli THT di RSUD Kota Mataram dan didapatkan hasil p value 0,692 yaitu p value > 0.05.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : BPJS, Non BPJS , Poli THT , RSUD Kota Mataram
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 23:51
Last Modified: 29 Dec 2021 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item