PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENCIPTA ATAS PENGGUNAAN KARYA CIPTA LAGU DALAM IKLAN KOMERSIL MENURUT UNDANG- UNDANG HAK CIPTA INDONESIA

FU’AD, M. NOORCHOLISH (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENCIPTA ATAS PENGGUNAAN KARYA CIPTA LAGU DALAM IKLAN KOMERSIL MENURUT UNDANG- UNDANG HAK CIPTA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fu’ad M Noorcholish_D1A016094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana perlindungan hukum terhadap pengguna karya cipta lagu menurut hukum hak cipta Indonesia dalam iklan komersial, dan untuk mengetahui bagaimana upaya hukum pemegang hak cipta yang ciptaannya digunakan dalam iklan komersial tanpa izin. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Penyelesaian hukum dalam hal pelanggaran hak cipta musik atau lagu dalam iklan komersial dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu melalui jalur litigasi melalui Pengadilan dan jalur non litigasi melalui arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa. Dalam hal upaya hukum pemegang Hak Cipta yang ciptaanya digunakan dalam iklan tanpa izin, maka pemegang hak cipta dapat menuntut ganti rugi dan pembatalan hak cipta melalui gugatan di Pengadilan Niaga, membuat pengaduan pidana, menyelesaikan melalui lembaga Arbitrase. Penelitian ini disimpulkan bahwa hak cipta menganut sistem perlindungan secara otomatis. Dengan kata lain tanpa proses pencatatan, Pencipta otomatis mendapat kepastian hukum atas ciptaannya pada saat karya tersebut telah berwujud karya cipta nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan, Karya Cipta, Undang-Undang Hak Cipta
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 23:52
Last Modified: 29 Dec 2021 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item