PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOTTO ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI 09 KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

M A R T I N I, MARTINI (2018) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOTTO ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI 09 KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.doc

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV-V.doc

Download (391kB)
[img] Text
KOVER, CS.doc

Download (295kB)
[img] Text
LAMIRAN-LAMPIRAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan usia dini adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada dan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 14). Pada usia lahir sampai dengan usia enam tahun merupakan peletak dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spritual), sosioemosional (sikap dan perilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 6). Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosial emosional bahasa dan komunikasi. Usia dini merupakan usia paling potensial dalam menstimulasi segala hal, termasuk jika ingin mengembangkan kemampuan matematis anak. Masa peka yang dapat diberikan pengetahuan beragam secara nyata sesuai dengan tahap perkembangannya. Seperti yang diungkapkan Solehuddin (2000:27) bahwa: Masa ini merupakan fase yang sangat berharga dan dapat dibentuk dalam kehidupan manusia (a noble and malleable phase of human life). Karenanya masa anak adalah masa emas bagi penyelenggaraan pendidikan. Masa anak merupakan fase yang fundamental bagi perkembangan individu karena pada fase inilah terjadi peluang yang sangat besar untuk pembentukan dan pengembangan pribadi seseorang. Uraian diatas menandakan bahwa ketika anak belajar dari kehidupannya sehari-hari maka secara langsung maupun tidak langsung ia sudah belajar dan sedang mengembangkan berbagai aspek yang ada dalam dirinya. Anak kreatif dan cerdas tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan perlu pengarahan salah satunya dengan memberi kegiatan yang dapat mengembangkan motivasi anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan, usia dini, hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:34
Last Modified: 18 Apr 2018 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item