PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL-BELI BAHAN BANGUNAN ANTARA KONTRAKTOR DAN PENJUAL BAHAN BANGUNAN (STUDI DI PT. BANGUN LOMBOK INTERNUSA)

DEBBY, DYAHISMY RAMADHANY (2021) PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL-BELI BAHAN BANGUNAN ANTARA KONTRAKTOR DAN PENJUAL BAHAN BANGUNAN (STUDI DI PT. BANGUN LOMBOK INTERNUSA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi DEBBY DYAHISMY RAMADHANY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk pelaksanaan perjanjian jual beli bahan bangunan antara pihak kontraktor (PT. Bangun Lombok Internusa) dengan pemilik toko bahan bangunan (CV. Perdana Bangunan) dan apa saja hambatan - hambatan yang timbul. Penelitian dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode Normatif Empiris yang menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan perjanjian jual beli bahan bangunan antara pihak kontraktor (PT. Bangun Lombok Internusa) dengan pemilik toko bahan bangunan (CV. Perdana Bangunan) dilakukan secara lisan. Oleh karena itu, bentuk perjanjian ini juga tunduk kepada ketentuan umum Buku III KUHPerdata. Ada beberapa hambatan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian jual beli bahan bangunan antara Kontraktor dengan pemilik took bangunan, antara lain kontraktor sering menunda pembayaran barang bangunan, kalaupun barang dibayar, namun pembayaran dilakukan secara cicilan, hal ini mengakibatkan barang yang dipesan oleh kontraktor sering kali dating terlambat. Hambatan lain adalah cuaca yang sulit diprediksi sehingga berpengaruh kepada proses pengiriman barang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perjanjian, JualBeli, Bahan Bangunan.Kontraktor
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:47
Last Modified: 04 Jan 2022 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26866

Actions (login required)

View Item View Item