SISTEM IOT PROTOKOL KESEHATAN DEPAN TOKO MENGGUNAKAN RASPBERRY PI CAMERA DAN HAAR CASCADE CLASSIFIER

GEDE BAGUS WIRAWAN, I (2021) SISTEM IOT PROTOKOL KESEHATAN DEPAN TOKO MENGGUNAKAN RASPBERRY PI CAMERA DAN HAAR CASCADE CLASSIFIER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA II - I Gede Bagus Wirawan (F1D017027).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Protokol kesehatan Covid-19 merupakan sebuah peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan ahli kesehatan agar bisa merasa lebih aman beraktivitas saat pandemi Covid-19. Pada umumnya penyebaran Covid-19 terjadi di tempat tempat umum salah satunya toko. Dari hasil observasi pada 16 toko di kota mataram, didapatkan persentase sebesar 68.75% toko masih belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan persentase sebesar 31.25% toko menerapkan protokol kesehatan dengan baik pada saat observasi dilakukan. Dengan membangun alat IoT yang diharapkan dapat mendeteksi secara dini adanya potensi seseorang tertular Covid-19 dengan mendeteksi suhu tubuh dan protokol kesehatan yaitu masker pada saat memasuki toko berbasis website. Pemilik toko bisa melihat orang-orang yang berpotensi Covid-19 dan pelanggan yang salah/tidak memakai masker, pemanfaatan internet of things berfungsi mengirim data antar sensor agar pemilik toko dapat melakukan monitoring sistem protokol kesehatan berbasis website. Hasil pengujian menunjukkan 30 hingga 10 cm masih layak untuk mendeteksi dengan baik. Dari hasil pengujian, tingkat keberhasilan alat dan algoritma terdapat 78.38% data yang berhasil mendeteksi suhu dan masker kemudian terdapat 29.62% data yang gagal mendeteksi masker dan suhu. Data tersebut selanjutnya dicatat dalam JSON File yang akan ditampilkan ke dalam sistem informasi protokol kesehatan berbasis website.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Protokol kesehatan Covid-19, Sensor ultrasonik, Internet of Things, Raspberry Pi Zero, Sensor suhu MLX90614, Haar Cascade Classifier, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:47
Last Modified: 04 Jan 2022 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26873

Actions (login required)

View Item View Item