PENGARUH FOREST BATHING TERHADAP KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR-ALPHA PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD KOTA MATARAM

Diva, Aulya Kemuning (2021) PENGARUH FOREST BATHING TERHADAP KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR-ALPHA PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah Diva A. K..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan gangguan fungsi jantung akibat terjadinya penyempitan pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan plak aterosklerosis. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2017, sampai saat ini penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian pertama di dunia dan diperkirakan sebanyak 17,9 juta orang pada tahun 2016 meninggal karena penyakit kardiovaskular. Salah satu terapi tradisional Jepang yang dikenal sejak tahun 1980 adalah forest bathing. Forest bathing atau Shinrin-Yoku merupakan kunjungan singkat ke hutan dengan konsep menghabiskan waktu di hutan hanya dengan bersantai atau berkegiatan kecil tanpa aktivitas fisik yang berat. Berdasarkan beberapa penelitian terkait forest bathing, disebutkan bahwa phytoncide (minyak esensial pohon) memiliki efek anti-mikroba, anti-oxidant, dan anti-inflamasi. Saat ini belum terdapat penelitian mengenai pengaruh forest bathing terhadap mediator inflamasi khususnya TNF-α sebagai salah satu mediator inflamasi yang berperan dalam proses aterosklerosis pasien PJK dan belum terdapat penelitian terkait pengaruh forest bathing pada pasien penyakit jantung koroner di Indonesia sehingga pada penelitian kali ini peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana “Pengaruh Forest Bathing terhadap Kadar TNF-α pada Pasien PJK di RSUD Kota Mataram”. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design yang meliputi one group pretest-posttest design. Subjek penelitian merupakan pasien penyakit jantung koroner sebanyak 24 responden yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Data yang diambil peneliti merupakan data primer dengan analisis data menggunakan uji t- test. Hasil: Terdapat penurunan yang bermakna pada forest bathing terhadap kadar serum TNF-α pasien penyakit jantung koroner dengan p-value 0.000<0.05 dengan rata-rata perubahan penurunan kadar serum TNF-α adalah sebesar 0.65 pg/ml atau 2.23%. Simpulan: Terdapat penurunan yang bermakna pada forest bathing terhadap kadar serum TNF-α pasien penyakit jantung koroner.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Forest Bathing; Tumor Necrosis Factor-Alpha (TNF-α); Penyakit Jantung Koroner
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:48
Last Modified: 04 Jan 2022 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item